ASP NET DAN JAVA SCRIPT



PENGERTIAN ASP NET DAN JAVA SCRIPT

merupakan platform pembuatan aplikasi web yang menyatu dengan .NET Framework serta menyediakan fasilitas-fasilitas bagi developer untuk membangun aplikasi web untuk level enterprise. 

Kelebihan:

·                      ASP.NET merupakan managed code, dan berjalan pada semacam virtual machine dari Microsoft yang disebut Common Language Runtime (CLR).
·                     ASP.NET merupakan compiled code menjadi IL (Intermediate Language) yaitu bahasa yang dikenali oleh CLR.
·                     ASP.NET dapat menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang mendukung .NET Framework
·                      ASP.NET memiliki arsitektur web forms yang mempercepat development terlebih integrasi dan dukungan tools Visual Studio .NET yang sangat bagus sehingga pembuatan aplikasi web ASP.NET menggunakan VS.NET sangat efisien dan mempercepat waktu pembuatan aplikasi.
Kekurangan:

·                     ASP.NET tidak dapat berjalan di platform non-microsoft sehingga tidak bisa gratis.
·                     Project ASP.NET jarang diopensource kan sehingga kita akan kesulitan mencari komponen, library atau project gratis.

Sejarah JavaScript
JavaScript awalnya bernama LiveScript yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1995 oleh Brendan Eich dari Netscape Communications. LiveScript berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 dan mendapatkan banyak kritik karena dianggap kurang aman karena pengembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan setiap terjadi kesalahan pada saat menyusun kode program. Kemudian Netscape berkolaborasi dengan Sun Microsystem seorang pengembang bahasa pemrograman Java diakhir tahun 1995 dan mengubah nama LiveScript menjadi JavaScript.

Pengertian JavaScript

Menurut Negrino dan Smith (2001), JavaScript adalah sebuah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk menambahkan interaktifitas pada halaman web. JavaScript merupakan bahasa scripting (bahasa pemrograman yang ringan) yang popular di internet dan berisi baris kode yang dijalankan di komputer menggunakan program browser yang mendukung seperti Google Chrome, Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. JavaScript disisipkan dalam halaman HTML dengan diapit menggunakan tag Script. JavaScript dijalankan di komputer user, sehingga proses tidak perlu dilakukan pada server. Dengan adanya JavaScript, kemampuan sebuah file dokumen HTML akan menjadi semakin luas dan kuat. Selain itu, JavaScript juga merupakan bahasa interpreter yang berarti skrip dieksekusi tanpa proses kompilasi. JavaScript didesain untuk menambah interaktif suatu web.


0 Response to "ASP NET DAN JAVA SCRIPT"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel